Thursday, October 16, 2008

Pengamen

Saatnya pelampiasan..
bukan fresh pelampiasan hari ini sih..
kemarin punya, sebelumnya gw dah post di jloverz
tapi gw pikir gw taro sini juga aja.. karena ini pelampiasan gw :D

***
yang jadi pemikiran gw blakangan ini, hari ini kepikiran banget, malah tadinya mau tulis di blog, tapi kemudian jadi ditulis disini

ga bersangkutan dengan topik di atas, sorry sebelumnya.

ini mengenai para pengamen dan preman2.
Gw tiap hari pergi kerja dengan naik bus kota. Jadi hampir tiap hari juga gw bertemu dgn yang namanya PENGAMEN. Awalnya gw biasa aja dengan mereka, gw tau mrk mencari makan, ga ada pekerjaan dsb. Tapi lama2 kok makin bikin eneg ya kalo denger kata2 mrk?

beginilah kurang lebih kata2 mrk kalo mengamen:
"kami bukannya mau merampok atau mencopet, tapi saya hanya mau mencari sesuap nasi untuk makan DENGAN CARA YANG HALAL. Marilah KITA SALING MEMBANTU. Saya/kami bukannya tidak mau berusaha, tetapi memang TIDAK ADA LOWONGAN PEKERJAAN. Hanya seribu/dua ribu untuk kami tidak akan membuat anda-anda sekalian menjadi miskin."

Mereka bicara seakan ingin meminta APA YANG SUDAH MENJADI HAK MEREKA. gila.. yang kerja siapa? apa yang udah dilakukan mrk buat kita? Gw bukannya ga rela untuk ngasi barang serebu-dua rebu. Tapi kalo diterusin, mau sampe kapan?? Mreka itu jelas hanya orang2 yang malas untuk berusaha.

Kenapa bisa ada kata-kata "KALAU ADA KEMAUAN PASTI ADA JALAN?" memang itu benar! mereka ga cukup berusaha untuk menyambung hidup.

Ga ada pekerjaan?
memangnya pemulung itu bukan PEKERJAAN? walaupun namanya 'pemulung' mereka itu bekerja keras! mengumpulkan barang2 bekas untuk dijual kembali, menghasilkan uang!

memangnya tukang sampah dan tukang sapu jalanan bukan PEKERJAAN??
mereka itu digaji oleh pemerintah! memang ga seberapa gaji mrk. Tapi mereka BEKERJA! gw bahkan menaruh respect buat profesi mrk yang udah berjasa membersihkan kota! kalo ada ada mreka, siapa yang bersihin kota? gw sendiri berusaha untuk ga buang sampah sembarangan, kalo perlu tas gw aja yg jadi tempat sampah sampe pulang ke rumah.
Atau mereka cuma MALU untuk punya profesi spt itu?

Padahal banyak banget lowongan pekerjaan di jakarta ini, kalo u mau buka mata! Dari yang membutuhkan skill ataupun enggak. Kalau setidaknya bsia membaca atau menulis aja cukup.

ga butuh skill:
- tukang sapu, coba bilang ke gw ada gak manusia di dunia ini yg ga bisa nyapu, kecuali orang cacat!
- tukang sampah
- cleaning service
- buruh
- dst

butuh skill:
- tukang jahit, maap kalo gw salah, tapi bukankah ada yang namanya PANTI SOSIAL? disana bukannya tempat para preman dan PSK2 ditampung utk diberikan bekal bekerja? kalo u bisa menjahit, di mana2 tuh banyak yang namanya KONVEKSI, bisa ditemukan di rumah2 penduduk pasti ada lowongan! asal u terampil dan punya semangat kerja!
- Sopir, entah itu sopir taksi ato sopir pribadi, cuma dengan menyetir aja u bisa bekerja dan menghasilkan uang.
- Sales, dibutuhkan skill berkendara dan SIM. tentunya harus bisa membaca dan menulis.. lulus min SD juga dah bisa jadi membaca dan menulis kan?
- dst

Semuanya bisa didapatkan asalkan punya KEMAUAN, TEKAD, SEMANGAT, dan yang paling penting KEJUJURAN! Kalo ga jujur dan punya niat yang baik, ga akan ada kebaikan yang datang.

Gw tau gw ini cuma pemikiran sepihak seorang peku. Mungkin ga mendasar dan ga segampang itu untuk dilakukan. Tapi gw cuma sebel aja dengan para pengamen2 ga tau diri itu.. sambil para pengamen biacara hal2 omong kosong di bus, gw juga melihat betapa tabah dan gigihnya orang2 yang bekerja di jalan, membersihkan jalan, mendorong gerobak sampah yang penuh! bandingin aja coba! padahal pengamen2 itu masih muda2!

yang gw sedih,, ada seorang bapak2 bawa anaknya untuk mengamen di bus, gw memberi sedikit receh buat dia, tapi temen gw yang duduk di sebelah gw ga punya receh, jadi ga kasi. Kemudian bapak itu memaksa!! 'KASI!'
sedih banget gw lihatnya.

Gw bersyukur banget seumur hidup gw ga pernah merasakan yang namanya kelaparan, harus hidup mengamen atau bekerja keras di jalanan. Mungkin ini sebabnya gw bisa nulis spt ini. Gw bersyukur banget punya bokap yang udah bekerja keras buat gw. Dulu gw juga orang yang ga mampu. Pendidikan bokap gw ga setinggi gw sekarang, yang bahkan ga bisa dibilang tinggi! Tapi bokap gw berusaha, apapun dijalanin. Kenapa gw bisa tau?
Gw bisa ambil kesimpulan dari saudara2 gw, atau kenalan bokap2 gw. Waktu bertemu mrk, mrk bilang ke gw "u harus belajar yang bener, jangan ngecewain bokap lu. Dulu bokap lu susahnya minta ampun lho. Pokoknya jadi anak yang baik."
Gw bukan anak kecil waktu itu. Jadi gw tau mrk ga asal bicara untuk sekedar mengajarkan hal baik ke gw. Juga dari sumber2 lain yg gw dengar seumur hidup gw.
Makanya gw bersyukur untuk itu. Dan gw akan berusaha mempertahankannya.

geeez.. panjang cui!! beginilah kalo udah nulis, apalagi pelampiasan gini xD
MAAP KALO ADA KATA2 YANG SALAH ATAU MENYINGGUNG KALIAN
kata2 seperti ini ga akan keluar dari mulut gw seperti kalau gw menulis.. tapi gw tetep berharap bisa menyampaikannya ke orang2 yang bersangkutan (walupun gw takut), atau ada yang menyampaikan, baik itu pemerintah, badan sosial atau teman2 sekalian ^^

sekian~
***

entah kenapa mood gw lagi ga bagus belakangan ini.
Gw jadi merasa bosan.. selain krn masalah rumah, di kantor juga lama2 eneg ama suasananya.
Pengen cepet2 ganti tahun nih.. T____T



oh no... gw harus tetep berpikir POSITIF. take it easy...
tar gw kebanyakan mikir malah tambah bete... T_____T

ah salah muka... ^_____^
GO GO GO!!!

No comments: